Rabu, 19 Januari 2022

Contoh Proposal Bisnis Usaha

 

PROPOSAL USAHA BISNIS

MIE AYAM TOMBOL BANYUMAS

 

Dosen Pembimbing

Zanuar Rifa’i, S.Kom.,M.MSI



 

Disusun oleh:

1.          Nia Alfiani                              (18.12.0114)

2.          Mufid Mujahiddin                  (18.12.0134)

3.          Lela Restika                            (18.12.0146)

 

 

SI 18 D

 

 

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO

2021

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN SAMPUL.............................................................................................. i

DAFTAR ISI.............................................................................................................. ii

BAB I..... PENDAHULUAN..................................................................................... 1

1.1.. Latar Belakang...................................................................................... 1

1.2.. Visi dan Misi......................................................................................... 2

1.3.. Tujuan................................................................................................... 2

1.4.. Profil Perusahaan.................................................................................. 2

1.5.. Konsep Usaha....................................................................................... 3

BAB II .. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN.................................................... 4

2.1. Aspek Pasar.......................................................................................... 4

2.1.1  Jenis Produk yang Dipasarkan.................................................... 4

2.1.2  Target Pasar................................................................................ 4

2.1.3  Pesaing........................................................................................ 4

2.2. Aspek Pemasaran.................................................................................. 4

2.2.1  Pengembangan Pasar.................................................................. 4

2.2.2  Pengembangan Produk............................................................... 4

BAB III . ASPEK KEUANGAN.............................................................................. 5

4.1. Biaya Tetap (Fixed Cost)...................................................................... 5

4.2. Biaya Variabel (Variabel Cost) per Bulan............................................ 5

4.3. Total Biaya (Total Cost)....................................................................... 6

4.4. Daftar Harga......................................................................................... 6

4.5. Pendapatan........................................................................................... 6

4.6. Penghitungan Harga............................................................................. 7

4.7. Analisis Titik Impas (Break-Event Point)............................................. 7

4.8. Rencana Laporan Arus Kas (Cash Flow)............................................. 7

BAB IV . KEBUTUHAN BISNIS............................................................................. 8

5.1. Kebutuhan Teknologi........................................................................... 8

5.2. Solusi Bisnis.......................................................................................... 9

BAB V .. PENUTUP.................................................................................................. 10

6.1. Kesimpulan........................................................................................... 10

6.2. Saran..................................................................................................... 10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

            Setiap orang pasti memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Cara mendapatkan uang dilakukan dengan cara bekerja. Begitu banyak pekerjaan di dunia yang bisa dilakukan oleh semua orang. Akan tetapi peluang mendapatkan pekerjaan tidak semudah yang dipikirkan. Semakin banyak orang, semakin banyak pula saingan untuk mendapatkan pekerjaan itu. Salah satu opsi pekerjaan yang bisa dilakukan dengan sedikit pesaing yaitu dengan cara membuka usaha sendiri atau istilah kerennya wirausahawan. Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko masing-masing, tidak terkecuali mendirikan usaha atau bisnis sendiri. Risiko yang paling nyata dan paling sering dialami para wirausahawan adalah mengalami bangkrut karena bisnis yang tidak berkembang.

Salah satu jenis pekerjaan membuka usaha sendiri contohnya yaitu, usaha mendirikan warung atau rumah makan. Seperti usaha Mie Ayam Tombol yang ada di Banyumas Jawa Tengah ini. Berada di desa kecil di kota Banyumas, mie ayam ini cukup populer di banyumas. Pemilihan letak usaha yang strategis dan harga murah menjadi andalan usaha mie ayam ini. Bahkan pelanggan yang datang ke rumah makan mie ayam ini sangat banyak dari berbagai luar wilayah dari desa tersebut. Usaha mie ayam ini bisa dikatakan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Penggemar mie ayam di Indonesia cukup banyak karena rasanya yang enak dan harga terjangkau. Mie Ayam Tombol Banyumas ini adalah salah satu contoh peluang usaha yang bisa dilakukan semua orang dengan memperhatikan tempat, harga, dan, modal, bukan tidak mungkin akan banyak wirausahawan muda yang datang mendirikan usaha dengan inovasi yang bagus.

 

 

 

 

1.2       Visi dan Misi

-Visi

            Visi dari usaha mie ayam ini adalah menciptakan produk makanan sebagai pengganti makanan pokok yang bisa di dapat dengan harga terjangkau dan tentunya memiliki produk yang sehat untuk semua orang.

 

-Misi

            Misi dari usaha ini:

- Membangun semangat Enterprenuer/wirausaha.

- Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan pokok.

- Menumbuhkan pertumbuhan ekonomi usaha di Indonesia.

1.3       Tujuan

Tujuan dari memilih usaha mie ayam:

- Memenuhi kebutuhan masyarakat.

- Membuka usaha kecil.

- Memperoleh penghasilan yang menjanjikan.

- Menciptakan peluang usaha yang baru.

1.4       Profil Perusahaan

            Usaha mie ayam ini didirikan oleh pengusaha makanan bernama Pak Riyanto bersama sekeluarga. Alamat usaha berada di Jl. Taman Sari, RT.07/RW.01, Dusun I, Wlahar Wetan, Kec. Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53191. Buka dari jam 11.00 siang sampai habis (tidak tentu). Buka setiap hari senin-minggu, kecuali hari jumat libur.

 

1.5       Konsep Usaha

Konsep dari mie ayam tombol mengedepankan harga terjangkau dan kualitas produk yang bergizi, enak, dan mengenyangkan. Mie ayam ini juga menawarkan keunikan dari nama usaha ini, tidak dengan nama asli pemlik usaha ini melainkan sebuah panggilan dari pemilik itu sendiri dengan nama Tombol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

2.1       Aspek Pasar

    2.1.1      Jenis Produk yang Dipasarkan

            Produk yang pasarkan berupa mie ayam, jajanan ringan, dan minuman dingin dan hangat.

    2.1.2     Target Pasar

            Produk mie ayam ini dapat dinikmati siapa saja mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tanggga, dan lain sebagainya.

    2.1.3     Pesaing

            Saat ini mie ayam tombol tentu memiliki pesaing. Namun pesaing ini tidak mempengaruhi apapun terhadap penjualan mie ayam tombol

2.2       Aspek Pemasaran

     2.2.1     Pengembangan Pasar

            Setelah berhasil mendapatkan perhatian masyarakat, kini mie ayam tombol sedang mempersiapkan untuk dunia online. Selain itu opsi lain adalah membuka sebuah cabang mie ayam baru.

     2.2.2     Pengembangan Produk

            Produk yang akan dikembangkan dari jenis mie ayam tombol adalah varian mie ayam, karena saat ini hanya satu jenis mie ayam saja. Selain itu penambahan pelengkap makanan seperti kerupuk atau pangsit sedang dipikirkan. Untuk minuman juga akan ditambahkan ke dalam menu.

 

 

 

 

BAB III

ASPEK KEUANGAN

4.1       Biaya Tetap (Fixed Cost)

Kursi, Meja, Gerobak                                      Rp. 5.000.000

Kompor Gas + Gas Elpiji 3kg 2 Unit             Rp. 800.000

Peralatan Masak lainnya                                 Rp. 1.500.000

Peralatan makan-minum                                  Rp. 1.300.000

Kulkas                                                             Rp. 1.500.000

Listrik, air, dan lain-lain                                  Rp. 300.000

Pembuatan banner                                           Rp. 50.000

Total Biaya Tetap                                         Rp. 10.450.000

 

4.2       Biaya Variabel

Tepung terigu                                                  Rp. 600.000

Tepung tapioka                                               Rp. 400.000

Minyak sayur                                                  Rp. 400.000

Daging ayam                                                   Rp. 800.000

Bumbu                                                                        Rp. 400.000

Kecap asin                                                       Rp. 100.000

Kecap manis                                                    Rp. 100.000

Caisim                                                             Rp. 200.000

Sawi putih                                                       Rp. 200.000

Es batu                                                                        Rp. 100.000

Gula                                                                Rp. 150.000

Plastik, sedotan, dan lain-lain                         Rp. 250.000

Total Biaya Variabel                                       Rp. 3.700.000

4.3       Total Biaya (Total Cost)

TC= TFC+TVC

TC= Rp. 10.450.000 + Rp. 3.700.000

TC= Rp.14.150.000

 

4.4       Daftar Harga

            Harga yang ditawarkan sangatlah bervariasi, untuk mie ayam sendiri hargnya Rp. 7.000 dan harga minumannya pun berbeda-beda. Berikut rinciannya:

- Mie Ayam                 Rp. 7000

-Es Teh                        Rp. 1.500

-Es Jeruk                     Rp. 3.000

-Teh Hangat                Rp. 1000

-Jeruk Hangat              Rp. 2000

-Pop Ice                       Rp. 3000

-Cemilan                      Rp. 500-2000

 

4.5       Pendapatan

Target penjualan mie ayam per hari adalah 40 porsi.

Pendapatan harian

            -Mie Ayam      40 porsi x Rp. 7000     = Rp. 280.000

            -Minuman        40 porsi x Rp. 2000     = Rp. 80.000

Total pendapatan harian                                     Rp. 360.000

Pendapatan Bulanan = 360.000 x 40 = Rp. 14. 400.000

 

4.6       Penghitungan Harga

Harga pokok/Biaya variabel    = Rp. 3.700.000

Hp per porsi    = Rp. 3.700.000/1.600            =2.312   = Rp. 2.500

Laba yang diinginkan= Rp. 7000-2.500         = Rp. 4.500

4.7 Analisis Titik Impas (Break-Event Point)

BEP= Biaya Tetap = Rp. 10.450.000 = 2.322 prosi

            Profit               Rp. 4.500

 

BEP dalam = 2.322/1.600= 1, 4513 Bulan

Rencana Laporan Arus Kas (Cash Flow)



 


Kas Masuk

            Modal Awal                            Rp. 18.000.000

            Penjualan Tunai                       Rp. 14. 400.000

            Jumlah Kss Masuk                                                      Rp. 32.400.000

Kas Keluar

            Biaya Tetap                             Rp. 10.450.000

            Biaya Variabel                        Rp. 3.700.000

            Jumlah Kas Keluar                                                      Rp. 14.150.000

Saldo Akhir Kas                                                                     Rp. 18.250.000

 

 

 

BAB IV

KEBUTUHAN BISNIS

5.1       Kebutuhan Bisnis

            Dari hasil wawancara, berikut hasil kebutuhan yang diperlukan untuk bisa lebih mengembankan usaha mie ayam ini:

1. Promosi

            Mie Ayam Tombol berada di desa kecil, walaupun sudah cukup ramai, untuk lebih mengembangkan pasar lagi, maka diperlukan promosi. Saat ini usaha mie ayam tombol masih belum bisa di pesan online, hanya bisa offline. Hal ini dikarenakan tenaga kerja yang tidak ada

2. Lahan yang kurang luas

            Dikarenakan banyak pelanggan yang datang, terkadang mereka yang datang terlambat atau paling akhir tidak mendapat tempat sehingga harus menunggu atau terpaksa di bawa pulang

3. Jenis mie ayam

            Di mie ayam tombol ini hanya satu jenis mie ayam saja, yang membedakan hanya porsi saja. Oleh karena itu diperlukan variasi mie ayam harus dicoba seperti mie ayam bakso dan mie ayam-mie ayam lainnya.

4. Antrian

            Banyaknya pelanggan terkadang membuat pemilik mie ayam ini bingung. Bahkan seringkali karena antrian yang panjang menyebabkan pelanggan yang datang membatalkan pesanannya. Dan masalah lainnya karena tidak ada nomer antrian terkadang pemilik ini bingung orang mana yang memesan terlebih dahulu

5. Pengelolaan uang

            Berikutnya masalah dalam pengelolaan uang, misalnya dalam hal kembalian uang dan perhitungan pendapatan yang masih manual.

 

 

 

5.2       Solusi

1. Akan dimasukkan ke aplikasi Go-Jek sejenisnya atau opsi lain menambah tenaga kerja.

2. Memanfaatkan tempat yang ada, jika tidak bisa dengan cara lain yaitu membuka cabang.

3. Mencoba jenis mie ayam, kemudian uji cobakan selama 1 minggu, apakah berpotensi laku terjual atau tidak.

4. Membuat papan antrian di setiap meja. Untuk bisa mengikuti perkembangan jaman, maka solusi dari kami memberi sebuah alat seperti audio kecil. Jadi setiap pelanggan yan baru masuk mengambil alat audio kecil berwarna yang sudah bertuliskan angka, jadi ketika dipanggil mudah.

5. Membuat pelaporan uang manual dengan buku atau dengan notes ditulis di smartphone

6. Solusi tambahan agar lebih mudah, membuat aplikasi khusus warung untuk mengetahui segala info seperti jadwal, apakah sedang ramai atau tidak yang dikelola oleh admin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

6.1       Kesimpulan

-Usaha mie ayam tombol didirikan oleh Pak Riyanto bersama keluarga yang juga membantu melayani pelanggan. Alamat usaha berada di Jl. Taman Sari, RT.07/RW.01, Dusun I, Wlahar Wetan, Kec. Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53191.

- Untuk memenuhi target pasar, mie ayam ini bisa dikonsumsi oleh siapapun mulai dari anak-anak hingga lansia.

- Modal awal membangun usaha mie ayam ini Rp. 18.000.000, Jumlah pendapatan perbulan mie ayam tombol Rp. 14. 400.000, Total kas Rp. 18.250.000

-Terdapat masalah yang cukup banyak dalam mendirikan usaha ini, akan tetapi di dalam masalah tersebut terdapat juga solusi.

 

6.2       Saran

            Penulis sudah membuat proposal ini sebaik mungkin, akan tetapi terdapat bagian yang perlu dibahas seperti bagaimana cara membuat mie ayam tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar