PROPOSAL
USAHA BISNIS
MIE
AYAM TOMBOL BANYUMAS
Dosen
Pembimbing
Zanuar Rifa’i, S.Kom.,M.MSI
Disusun
oleh:
1.
Nia Alfiani (18.12.0114)
2.
Mufid Mujahiddin (18.12.0134)
3.
Lela Restika (18.12.0146)
SI 18 D
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO
2021
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL.............................................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................................. ii
BAB I..... PENDAHULUAN..................................................................................... 1
1.1.. Latar Belakang...................................................................................... 1
1.2.. Visi dan Misi......................................................................................... 2
1.3.. Tujuan................................................................................................... 2
1.4.. Profil Perusahaan.................................................................................. 2
1.5.. Konsep Usaha....................................................................................... 3
BAB II .. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN.................................................... 4
2.1. Aspek Pasar.......................................................................................... 4
2.1.1 Jenis Produk yang Dipasarkan.................................................... 4
2.1.2 Target Pasar................................................................................ 4
2.1.3 Pesaing........................................................................................ 4
2.2. Aspek Pemasaran.................................................................................. 4
2.2.1 Pengembangan Pasar.................................................................. 4
2.2.2 Pengembangan Produk............................................................... 4
BAB III . ASPEK KEUANGAN.............................................................................. 5
4.1. Biaya Tetap (Fixed Cost)...................................................................... 5
4.2. Biaya Variabel (Variabel Cost) per
Bulan............................................ 5
4.3. Total Biaya (Total Cost)....................................................................... 6
4.4. Daftar Harga......................................................................................... 6
4.5. Pendapatan........................................................................................... 6
4.6. Penghitungan Harga............................................................................. 7
4.7. Analisis Titik Impas (Break-Event
Point)............................................. 7
4.8. Rencana Laporan Arus Kas (Cash Flow)............................................. 7
BAB IV . KEBUTUHAN BISNIS............................................................................. 8
5.1. Kebutuhan Teknologi........................................................................... 8
5.2. Solusi Bisnis.......................................................................................... 9
BAB V .. PENUTUP.................................................................................................. 10
6.1. Kesimpulan........................................................................................... 10
6.2. Saran..................................................................................................... 10
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap orang pasti
memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Cara mendapatkan uang dilakukan
dengan cara bekerja. Begitu banyak pekerjaan di dunia yang bisa dilakukan oleh
semua orang. Akan tetapi peluang mendapatkan pekerjaan tidak semudah yang
dipikirkan. Semakin banyak orang, semakin banyak pula saingan untuk mendapatkan
pekerjaan itu. Salah satu opsi pekerjaan yang bisa dilakukan dengan sedikit
pesaing yaitu dengan cara membuka usaha sendiri atau istilah kerennya
wirausahawan. Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko masing-masing, tidak
terkecuali mendirikan usaha atau bisnis sendiri. Risiko yang paling nyata dan
paling sering dialami para wirausahawan adalah mengalami bangkrut karena bisnis
yang tidak berkembang.
Salah satu jenis pekerjaan membuka usaha sendiri contohnya yaitu,
usaha mendirikan warung atau rumah makan. Seperti usaha Mie Ayam Tombol yang
ada di Banyumas Jawa Tengah ini. Berada di desa kecil di kota Banyumas, mie
ayam ini cukup populer di banyumas. Pemilihan letak usaha yang strategis dan harga
murah menjadi andalan usaha mie ayam ini. Bahkan pelanggan yang datang ke rumah
makan mie ayam ini sangat banyak dari berbagai luar wilayah dari desa tersebut.
Usaha mie ayam ini bisa dikatakan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.
Penggemar mie ayam di Indonesia cukup banyak karena rasanya yang enak dan harga
terjangkau. Mie Ayam Tombol Banyumas ini adalah salah satu contoh peluang usaha
yang bisa dilakukan semua orang dengan memperhatikan tempat, harga, dan, modal,
bukan tidak mungkin akan banyak wirausahawan muda yang datang mendirikan usaha
dengan inovasi yang bagus.
1.2 Visi dan Misi
-Visi
Visi dari usaha mie ayam ini adalah menciptakan produk makanan
sebagai pengganti makanan pokok yang bisa di dapat dengan harga terjangkau dan
tentunya memiliki produk yang sehat untuk semua orang.
-Misi
Misi dari usaha
ini:
- Membangun semangat Enterprenuer/wirausaha.
- Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan pokok.
- Menumbuhkan pertumbuhan ekonomi usaha di Indonesia.
1.3 Tujuan
Tujuan dari memilih usaha mie ayam:
- Memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Membuka usaha kecil.
- Memperoleh penghasilan yang menjanjikan.
- Menciptakan peluang usaha yang baru.
1.4 Profil Perusahaan
Usaha mie ayam ini
didirikan oleh pengusaha makanan bernama Pak Riyanto bersama sekeluarga. Alamat
usaha berada di Jl. Taman Sari, RT.07/RW.01, Dusun I, Wlahar Wetan, Kec.
Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53191. Buka dari jam 11.00 siang
sampai habis (tidak tentu). Buka setiap hari senin-minggu, kecuali hari jumat libur.
1.5 Konsep Usaha
Konsep dari mie ayam tombol mengedepankan harga terjangkau dan
kualitas produk yang bergizi, enak, dan mengenyangkan. Mie ayam ini juga
menawarkan keunikan dari nama usaha ini, tidak dengan nama asli pemlik usaha
ini melainkan sebuah panggilan dari pemilik itu sendiri dengan nama Tombol.
BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Aspek Pasar
2.1.1 Jenis Produk yang Dipasarkan
Produk yang pasarkan berupa mie ayam, jajanan ringan, dan minuman
dingin dan hangat.
2.1.2
Target Pasar
Produk mie ayam
ini dapat dinikmati siapa saja mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai
kantoran, ibu rumah tanggga, dan lain sebagainya.
2.1.3 Pesaing
Saat ini mie ayam
tombol tentu memiliki pesaing. Namun pesaing ini tidak mempengaruhi apapun
terhadap penjualan mie ayam tombol
2.2 Aspek Pemasaran
2.2.1 Pengembangan Pasar
Setelah berhasil
mendapatkan perhatian masyarakat, kini mie ayam tombol sedang mempersiapkan
untuk dunia online. Selain itu opsi lain adalah membuka sebuah cabang mie ayam
baru.
2.2.2 Pengembangan Produk
Produk yang akan
dikembangkan dari jenis mie ayam tombol adalah varian mie ayam, karena saat ini
hanya satu jenis mie ayam saja. Selain itu penambahan pelengkap makanan seperti
kerupuk atau pangsit sedang dipikirkan. Untuk minuman juga akan ditambahkan ke
dalam menu.
BAB III
ASPEK KEUANGAN
4.1 Biaya Tetap (Fixed
Cost)
Kursi, Meja, Gerobak Rp. 5.000.000
Kompor Gas + Gas Elpiji 3kg 2 Unit Rp.
800.000
Peralatan Masak lainnya Rp. 1.500.000
Peralatan makan-minum Rp.
1.300.000
Kulkas Rp.
1.500.000
Listrik, air, dan lain-lain Rp.
300.000
Pembuatan banner Rp.
50.000
Total Biaya Tetap Rp.
10.450.000
4.2 Biaya Variabel
Tepung terigu Rp.
600.000
Tepung tapioka Rp. 400.000
Minyak sayur Rp.
400.000
Daging ayam Rp.
800.000
Bumbu Rp.
400.000
Kecap asin Rp.
100.000
Kecap manis Rp.
100.000
Caisim Rp.
200.000
Sawi putih Rp.
200.000
Es batu Rp.
100.000
Gula Rp.
150.000
Plastik, sedotan, dan lain-lain Rp.
250.000
Total Biaya Variabel Rp.
3.700.000
4.3 Total Biaya (Total
Cost)
TC= TFC+TVC
TC= Rp. 10.450.000 + Rp. 3.700.000
TC= Rp.14.150.000
4.4 Daftar Harga
Harga yang
ditawarkan sangatlah bervariasi, untuk mie ayam sendiri hargnya Rp. 7.000 dan
harga minumannya pun berbeda-beda. Berikut rinciannya:
- Mie Ayam Rp.
7000
-Es Teh Rp.
1.500
-Es Jeruk Rp.
3.000
-Teh Hangat Rp.
1000
-Jeruk Hangat Rp.
2000
-Pop Ice Rp.
3000
-Cemilan Rp.
500-2000
4.5 Pendapatan
Target penjualan mie ayam per hari adalah 40 porsi.
Pendapatan harian
-Mie Ayam 40 porsi x Rp. 7000 = Rp. 280.000
-Minuman 40 porsi x Rp. 2000 = Rp. 80.000
Total pendapatan harian Rp. 360.000
Pendapatan Bulanan = 360.000 x 40 = Rp. 14. 400.000
4.6 Penghitungan Harga
Harga pokok/Biaya variabel =
Rp. 3.700.000
Hp per porsi = Rp. 3.700.000/1.600 =2.312 = Rp. 2.500
Laba yang diinginkan= Rp. 7000-2.500 = Rp. 4.500
4.7 Analisis Titik Impas (Break-Event Point)
BEP= Biaya Tetap = Rp. 10.450.000 = 2.322 prosi
Profit Rp. 4.500
BEP dalam = 2.322/1.600= 1, 4513 Bulan
Rencana Laporan Arus Kas (Cash Flow)
Kas Masuk
Modal Awal Rp. 18.000.000
Penjualan Tunai Rp. 14. 400.000
Jumlah Kss Masuk Rp.
32.400.000
Kas Keluar
Biaya Tetap Rp. 10.450.000
Biaya Variabel Rp. 3.700.000
Jumlah Kas Keluar Rp.
14.150.000
Saldo Akhir Kas Rp.
18.250.000
BAB IV
KEBUTUHAN BISNIS
5.1 Kebutuhan Bisnis
Dari hasil
wawancara, berikut hasil kebutuhan yang diperlukan untuk bisa lebih mengembankan
usaha mie ayam ini:
1. Promosi
Mie Ayam Tombol
berada di desa kecil, walaupun sudah cukup ramai, untuk lebih mengembangkan
pasar lagi, maka diperlukan promosi. Saat ini usaha mie ayam tombol masih belum
bisa di pesan online, hanya bisa offline. Hal ini dikarenakan tenaga kerja yang
tidak ada
2. Lahan yang kurang luas
Dikarenakan banyak
pelanggan yang datang, terkadang mereka yang datang terlambat atau paling akhir
tidak mendapat tempat sehingga harus menunggu atau terpaksa di bawa pulang
3. Jenis mie ayam
Di mie ayam tombol
ini hanya satu jenis mie ayam saja, yang membedakan hanya porsi saja. Oleh
karena itu diperlukan variasi mie ayam harus dicoba seperti mie ayam bakso dan
mie ayam-mie ayam lainnya.
4. Antrian
Banyaknya
pelanggan terkadang membuat pemilik mie ayam ini bingung. Bahkan seringkali
karena antrian yang panjang menyebabkan pelanggan yang datang membatalkan
pesanannya. Dan masalah lainnya karena tidak ada nomer antrian terkadang
pemilik ini bingung orang mana yang memesan terlebih dahulu
5. Pengelolaan uang
Berikutnya masalah
dalam pengelolaan uang, misalnya dalam hal kembalian uang dan perhitungan
pendapatan yang masih manual.
5.2 Solusi
1. Akan dimasukkan ke aplikasi Go-Jek sejenisnya atau opsi lain
menambah tenaga kerja.
2. Memanfaatkan tempat yang ada, jika tidak bisa dengan cara lain
yaitu membuka cabang.
3. Mencoba jenis mie ayam, kemudian uji cobakan selama 1 minggu,
apakah berpotensi laku terjual atau tidak.
4. Membuat papan antrian di setiap meja. Untuk bisa mengikuti perkembangan
jaman, maka solusi dari kami memberi sebuah alat seperti audio kecil. Jadi
setiap pelanggan yan baru masuk mengambil alat audio kecil berwarna yang sudah
bertuliskan angka, jadi ketika dipanggil mudah.
5. Membuat pelaporan uang manual dengan buku atau dengan notes
ditulis di smartphone
6. Solusi tambahan agar lebih mudah, membuat aplikasi khusus warung
untuk mengetahui segala info seperti jadwal, apakah sedang ramai atau tidak
yang dikelola oleh admin.
BAB V
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
-Usaha mie ayam
tombol didirikan oleh Pak Riyanto bersama keluarga yang juga membantu melayani
pelanggan. Alamat usaha berada di Jl. Taman Sari, RT.07/RW.01, Dusun I, Wlahar
Wetan, Kec. Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53191.
- Untuk memenuhi target pasar, mie ayam ini bisa dikonsumsi oleh
siapapun mulai dari anak-anak hingga lansia.
- Modal awal membangun usaha mie ayam ini Rp. 18.000.000, Jumlah
pendapatan perbulan mie ayam tombol Rp. 14. 400.000, Total kas Rp. 18.250.000
-Terdapat masalah yang cukup banyak dalam mendirikan usaha ini,
akan tetapi di dalam masalah tersebut terdapat juga solusi.
6.2 Saran
Penulis sudah
membuat proposal ini sebaik mungkin, akan tetapi terdapat bagian yang perlu
dibahas seperti bagaimana cara membuat mie ayam tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar